Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Jumat, 24 Oktober 2008

PKS Tanpa Kebun Diarahkan Bermitra dengan Petani Mandiri

Jum’at, 24 Oktober 2008 16:59

Belum semua PKS di Riau memiliki kebun sendiri. Masih ada 29 PKS tanpa kebun. Kelompok ini disarankan menjalin mitra dengan petani mandiri.

Riauterkini-PEKANBARU- Keberdaan pabrik kelapa sawit (PKS) di wilayah Riau tidak seluruhnya didukung dengan keberadaan kebun kelapa sawit, padahal ketentuan baru mewajibkan setiap PKS harus memiliki minimal 20 persen kebun kelapa sawit dari total kapasitas produksi. Berdasarkan data Dinas Perekebunan Riau, dari 132 PKS yang ada, terdapat 29 PKS yang dibangun tanpa memiliki kebun sama sekali.

“Saat ini sudah ada 132 PKS di seluruh Riau. Dari jumlah tersebut ada 29 PKS yang dibangun tanpa memiliki kebun sama sekali,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Riau Susilo menjawab riauterkini di Pekanbaru, Jumat (24/10).

Karena itu Susilo menyarankan agar PKS yang belum memiliki kebun sama sekali untuk menjalin kemitraan dengan petani mandiri. Kemitraan tersebut penting diwujudkan karena bisa menguntungkan kedua belah pihak. PKS yang memiliki petani mitra, dapat untung dengan kepastian pasokan tandan buah segar (TBS) sebagai bahan baku produksi, sementara petani diuntungkan dengan adanya kepastian harga TBS.

Usulan kemitraan antara PKS tanpa kebun dengan petani mandiri akan menjadi salah satu agenda yang dibicarakan dalam pertemuan Gubernur Riau Wan Abubakar dengan para pengusaha perkebunan yang akan digelar Senin (27/10) mendatang. Pertemuan tersebut digelar dalam rangka mencarikan solusi terbaik atas krisis parah menyusul anjloknya harga TBS ke titik terendah.***(mad)

Tidak ada komentar: