Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Sabtu, 18 Oktober 2008

Harga Anjlok, Petani Pasaman Barat Biarkan Sawit Busuk

Sabtu, 18 Oktober 2008 | 12:00 WIB

TEMPO Interaktif, Padang : Terjungkalnya harga minyak sawit dalam satu bulan ini membuat sebagian petani sawit di Ujung Gading, Pasaman Barat, Sumatra Barat memilih tidak memanen sawit dan membiarkannya busuk di batang.

Ditemui kemarin, Tapri, 50 tahun, petani sawit di Ujung Gading mengatakan memasuki Ramadan harga sawit mulai turun hingga harganya menjadi Rp 350 per kilogram. Padahal tiga bulan lalu petani sawit di Pasama Barat sempat menikmati harga sawit mencapai Rp 1.600 per kilogram.

Saat ini bnyak petani yang membiarkan sawitnya busuk karena tidak mampu menutup ongkos produksi. Upah petik saja Rp 100 per kilogram, upah angkut dari kebun ke jalan raya Rp 100 per kilogram, belum lagi pestisida dan pupuk. "Jadi tidak ada yang kami dapat," kata Tapri, mengeluh.

Ketua Kamar Dagang dan Industri Sumatra Barat Asnawi Bahar menyarankan dengan kondisi ini seharusnya Pemerintah Sumatra Barat membeli sawit petani dan menjualnya bila harga cukup menguntungkan. Sumatra Barat merupakan salah satu daerah penghasil sawit cukup besar di Indonesia dengan luas lahan 280 ribu hektare.

Febrianti

Tidak ada komentar: