Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Selasa, 07 Oktober 2008

Harga TBS Turun, Ekspor CPO Naik

Senin, 6 Oktober 2008 21:14

Kendati harga Tandan Buah Segar (TBS) di tingkat petani terus menerus turun, justru ekspor CPO semester 1 2008 meningkat tajam dibandingkan dengan ekspor CPO semester 1 2007.

Riauterkini-PEKANBARU-Data Badan Pusat Statistik Riau menyatakan bahwa ekspor CPO yang masuk dalam kategori ekspor non migas minyak nabati naik drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Jika semester 1 2007 lalu ekspor minyak nabati hanya 1,7 juta USD, semester 1 2008 menjadi 3,6 juta USD dengan asumsi khusus CPO mencapai 90% di ekspor pada sektor ini.

Menurut Kepala BPS Riau, Irland Indrocahyo senin (6/10), ada 2 variable yang berbeda antara meningkatnya ekspor CPO dengan turunnya harga TBS di tingkat petani kelapa sawit. Yaitu jumlah ekspor dan kapasitas tampung TBS di Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

"Ada korelasinya antara turunnya harga TBS dengan naiknya ekspor CPO. Yaitu tingginya pasokan TBS yang melebihi daya tampung PKS. PKS-pun mengambil TBS dengan harga rendah. Dengan tingginya pasokan TBS di PKS-PKS membuat produksi CPO meningkat yang secara otomatis mempengaruhi naiknya kuantitas ekspor," katanya.

Sebelumnya, Kasubdin Harga dan Pemasaran Hasil Dinas Perkebunan Riau, Ferry HC Putra mengatakan bahwa sejak awal tahun 2008 lalu, produksi TBS petani meningkat tajam. Kondisi itu membuat produksi TBS melimpah dan membanjiri PKS. Alhasil harga TBS di tingkat petani sawit turun.

Menurutnya, turunnya harga TBS di tingkat petani merupakan dampak dari hukum ekonomi. Dimana jika barang melimpah, maka harga akan turun. Sebaliknya jika barang langka harga akan terdongkrak naik.

"Untuk mengetahui berapa harga TBS terkini, kita tunggu saja hasil rapat pembahasan penentuan harga TBS yang dilakukan oleh pihak perusahaan perkebunan sawit/pabrik kelapa sawit dengan petani sawit yang difasilitasi Disbun Riau setiap selasa," terangnya.***(H-we)

Tidak ada komentar: