Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Senin, 20 Oktober 2008

Harga Sawit dan Kopra Anjlok jadi Pelajaran

Senin, 20 Oktober 2008 | 08:46 WIB
TEMBILAHAN--Harga sawit dan kelapa yang drastis turun beberapa hari belakangan, setidaknya menjadi pelajaran berarti bagi masyarakat yang melakukan alih fungsi lahan selama ini. Karena ternyata, tidak selamanya harga sawit akan stabil. Kondisi ini memunculkan dampak negatif, selain lahan produktif semakin minim juga menimbulkan kerugian bagi petani yang sudah terlanjur melakukan alih fungsi lahan.
Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Ir H Kuswari MP kepada Riautoday.com, Sabtu (18/10).

‘’Kita melihat kerugian yang dialami petani sawit saat ini sangat memperihatinkan. Distan selalu memberikan masukan agar penanaman sawit tidak sampai menyebabkan lahan yang ada di Kabupaten Inhil dialihfungsikan,’’ kata dia.

Ia juga mengajak, agar mulai saat ini masyarakat benar-benar memperhatikan lahan yang masih produktif agar tidak lagi dialihfungsikan menjadi kebun sawit.

‘’Kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi dengan harga sawit, apakah akan naik atau tetap begini. Jika masih saja begini, petani sawit akan semakin terpuruk,’’ kata dia.

Sebelumnya, Distan memang memprediksi bahwa lahan alih fusngsi di Inhil memang akan terus bertambah. Namun, paling tidak dengan kondisi harga sawit saat ini, petani bisa memikirkan dan tetap mempertahan kan lahan nya ditanami padi.(n)

Tidak ada komentar: