Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Senin, 03 November 2008

Petani Sawit Kredit di Bank Riau Rp 335 M

Selasa, 28 Oktober 2008 | 08:53 WIB
PEKANBARU--BANK Riau melansir data, saat ini petani sawit di Provinsi Riau yang telah menggunakan kredit di bank kebanggaan masyarakat Riau itu, sebesar Rp335 miliar. Dari angka tersebut Rp332 miliar disalurkan untuk kredit investasi, dan sisanya Rp3 miliar untuk kredit modal kerja.
Total penyaluran kredit yang disalurkan Bank Riau sebesar Rp4,8 triliun. Dimana Rp667 miliar dananya disalurkan untuk kredit usaha mikro. Termasuk didalamnya kredit untuk para petani sawit yang ada di Provinsi Riau.

Hal ini diungkapkan Direktur Komersil dan Syariah Bank Riau Drs H Abdul Aziz MBA saat rapat kerja dengan Komisi B DPRD Riau, Senin (27/10).

Rapat yang membahas tentang polemik penurunan harga jual Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau itu, juga dihadiri Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Susilo, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tiolinan Pangaribuan, dan Kepala Biro Ekonomi Pembangunan Setdaprov Riau Iqaruddin. Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi B AB Purba dan diikuti Gabungan Pengusaha Sawit Indonesia (Gapki) Riau.

‘’Sejauh ini, meskipun penurunan harga jual TBS sedang terjadi, di Bank Riau belum mencatat adanya keterlambatan para debitur melaksanakan kewajibannya untuk membayar angsuran kredit. Belum ada pengaruh setakat ini,’’ kata Abdul Aziz.
Bank Riau sendiri mencatat, dari Rp335 miliar kredit yang disalurkan, jumlah nasabahnya mencapai 11.304 orang yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Bank Riau sendiri kata Abdul Aziz telah memiliki beberapa solusi untuk mengatasi jika para kriditor, terutama para kreditor yang berasal dari kalangan petani sawit swadaya.

‘’Solusi yang kita tawarkan seperti melakukan penjadwalan utang, menurunkan suku bunga pinjaman, penambahan investasi dalam bentuk kredit, dan lain sebagainya,’’ katanya.(uli)

Tidak ada komentar: