REKOMENDASI SINGKARAK
ARAH ADVOKASI :
Perkebunan Besar yang ada di Seluruh Propinsi Pulau Sumatera yaitu Wilmar Group berada di Propinsi Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan dan PT. Lonsum berada di Propinsi Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung, Jambi, Bengkulu
GOAL ATAU TUJUAN ADVOKASI :
- Penyelesaian seluruh konflik horizontal
Jalur advokasi yang seperti ini diambil karena kita seringkali dihadapkan pada peroalan konflik yang ada ditengah komunitas sendiri. Konflik vertikal sudah menjelaskan siapa yang menjadi tujuan advokasi tetapi konflik horizontal juga sering dipakai untuk memecah belah masyarakat. Dengan latar belakang yang seperti itu maka rasanya kita perlu untuk kembali menyelesaikan kasus-kasus horizontal yang ada ditengah-tengah masyarakat. Dengan tidak adanya konflik ditengah masyarakat maka arah perjuangan semakin jelas.
- Pengakuan hak atas tanah / lahan milik rakyat
Kegiatan advokasi kedepan lebih mengarah pada mendorong adanya pengakuan hak atas tanah atau lahan sebagai milik rakyat.
STRATEGI ADVOKASI
I. LEVEL KOMUNITAS
Di Tingkat Komunitas akan dilakukan pendidikan dan pengornasisasian ini dimaksudkan untuk lebih memberikan ilmu kepada komunitas sehingga komunitas akan tidak tergantung pada kita NGO yang selalu mendampingi, harapan kedepannya komunitas sanggup melakukan analisis dan pengornasiran sendiri. Maka kegaiatan kedepan yang dilakukan :
1. Pendidikan kritis
2. Pengorganisasian
II. LEVEL KASUS
Advokasi pada tingkat kasus ini merupakan pilihan kita dan komunitas artinya sangat situasional sekali. Disuatu tempat memungkinkan untuk terjadinya proses negosiasi dan di tempat lain mengharuskan adanya perlawanan. Pilihan advokasi yang akan dilakukan
1. Negosiasi
2. Perlawanan Keras
III. LEVEL KAMPANYE
Polanya adalah membangun media kampanye untuk pendidikan publik kritis. Hal ini juga diharapkan dapat membangun intensitas kampanye dalam muatan advokasi Wilmar dan Londsum di P Sumatera. Media kampanye di harapkan terpusat dan ada yang menjembatani kampanye ini, segala informasi di formulasikan dan dijadikan alat kampanye.
IV. LEVEL SEKRETARIAT SAWIT WATCH
1. Bulan November 2005 dimulai kampanye Wilmar di tingkat propinsi, dengan melakukan debat publik untuk kasus2 wilmar di Sumatera Barat, selanjutnya diikuti oleh propinsi lain dengan kampanye 2 perusahaan besar (Wilmar dan Lonsum)
2. Redisign Website Sawit Watch dengan memasukan folder untuk masing-masing region yang dikelola oleh region masing-masing, sebelumnya ada pelatihan pengelolaan website.CLEARING HOUSE DALAM KAMPANYE : WALHI SUMBAR
Tidak ada komentar:
Posting Komentar