Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Jumat, 16 Mei 2008

PKS Pinang Awan Pilot Projec Pengolahan Limbah Ramah Lingkungan

PKS Pinang Awan Pilot Projec Pengolahan Limbah Ramah Lingkungan

Sumut Pos, Jum'at, 16 Mei 2008
Pabrik Kelapa Sawit Pinang Awan merupakan pabrik pertama di Sumatera Utara yang menggunakan teknologi ini. Sebagai pemasok teknologi PT. AES AgriVerde Indonesia punya tanggung jawab atas proyek dalam finansial ekuitas (penanaman Modal), pengurusan izin, pemantauan dan pengoperasian proyek ini.

Hartono Tugiman, Labuhan Batu

Termasuk diantaranya komitmen untuk mendaftarkan proyek ini sebagai proyek mekanisme pembangunan bersih (MPB) atau Clean Development Mechanism (CDM) kepada badan dunia PBB bagian convensi perubahan cuaca atau UNFCCC (United Nations Framework Convention on Climate Change) yang beroperasi berdasarkan perjanjian Kyoto.

Di dalam perjanjian, hasil penurunan emisi yang telah tersertifikasi oleh UNFCCC dari proyek ini akan dibagi antara PT. AES AgriVerde Indonesia dan PT Perkebunan Milano.

PT. AES AgriVerde Indonesia memiliki hubungan jaringan komersial terhadap lebih dari 150 perusahaan kelapa sawit di seluruh Malaysia dan Indonesia.

Beberapa proyek penangkapan biogas di Indonesia sedang berada dalam tahap pembangunan dan dua proyek dijadwalkan untuk beroperasi pada minggu ini.

Di Malaysia, AES AgriVerde telah mengoperasikan lima fasilitas penangkapan biogas dan tiga proyek sedang dalam tahap pembangunan. Secara keseluruhan terdapat lebih dari 800 lokasi yang memungkinkan untuk pengoperasian proyek sejenis di kedua negara ini, dengan potensi untuk mengurangi jejak gas karbon dari industri kelapa sawit sekaligus menyediakan sumber energi terbaharui.

Metode pengurangan gas rumah kaca yang dipakai oleh AES AgriVerde telah disetujui oleh badan dunia PBB bagian konvensi perubahan cuaca (UNFCCC) dan disamping upaya mitigasi pemanasan global, pabrik kelapa sawit juga dapat meningkatkan kompetisi bisnis dengan pengimplementasian proyek MPB ini dengan meningkatkan efisiensi pengolahan limbah, kaidah dari perpindahan teknologi, penurunan biaya operasi dengan penggunaan bahan bakar biogas dan juga pemanfaatan insentif dari penjualan unit penurunan emisi atau CER (Certified Emission Reductions) AES AgriVerde bertujuan untuk membangun portfolio proyek pengurangan emisi untuk menghasilkan lebih dari 30 juta ton unit pengurangan karbon setiap tahunnya sampai tahun 2012. Termasuk di dalam jaringan agregasi dunia AES AgriVerde, proyek yang dapat menghasilkan 19 juta unit penurunan emisi atau CER yang berasal dari penghasilan energi dari sumber terbaharui, pengurangan emisi gas rumah kaca dari pihak ketiga; terutama dari gas metan dan efisiensi energi.

Sedangkan Wilmar International Limited merupakan perusahaan di bidang agribisnis, sekarang telah menjadi perusahaan agribisnis terkemuka di Asia. Wilmar merupakan salah satu perusahaan terbesar yang tercantum dalam pasar bursa Singapore. Aktifitas bisnis Wilmar Group termasuk dalam bidang usaha Perkebunan Kelapa Sawit, Produksi minyak untuk konsumsi pangan, pemurnian minyak pangan, produksi minyak turunan kelapa sawit (Oleo chemical) dan Bio-Diesel.

Dengan kantor pusat di Singapore, Wilmar telah beroperasi di lebih dari 20 negara di 4 benua dengan titik pusat di Indonesia, Malaysia, Cina, India dan Eropa. Dengan dukungan 68.000 pekerja, lebih dari 160 fasilitas produksi dan jaringan distribusi yang luas, produk Wilmar telah didistribusikan ke lebih dari 50 Negara di Dunia.

Pabrik kelapa sawit PT Perkebunan Milano merupakan salah satu dari unit bisnis dari Wilmar Group yang mempunyai aktifitas utama sebagai pabrik pengolahan kelapa sawit. Berlokasi di Sumatera Utara di daerah Pinang Awan, Kabupaten Labuhan Batu, pabrik ini beroperasi dengan kapasitas 200.000 ton Tandan Buah Segar (TBS) per tahun.

Wakil Bupati Labuhan Batu H Sudarwanto SP yang ikut meresmikan mengaku program harus didukung. Dan ini merupakan tanggungjawab setiap perusahaan untuk mengurangi emisi gas yang bila tidak dikendalikan akan memperparah pemanasan global. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan lomba lukis yang diikuti puluhan pelajar SD yang berada di sekitar pabrik. (ton)

Tidak ada komentar: