Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Jumat, 16 Mei 2008

Investor Pekanbaru Panen Untung

SAHAM GOZCO LANGSUNG MELEJIT

§ Investor Pekanbaru Panen Untung

PEKANBARU, TRIBUN – begitu di gulirkan ke lantai bursa untuk pertama kalinya saham PT.GOZCO Plantation{GZCO} langsung, terbang diharga 300 per lembar. Saham perusahaan sawit di Palembang itu ditawarkan dengan harga Rp 225 per lembar.

Melihat fundamental perusahaan dan bergerak disektor perkebunan (CPO), yang saat ini sedang naik daun, banyak investor memandang saham ini prospektif. Bahkan, para pelaku pasar berani memesan dengan harga tinggi.

Sarwo, investor saham, mengaku tidak mengetahui, IPO Gozco, sehingga tidak sempat beli pada masa penawaran. Tetapi, dengan melihat fundamental perusahaan yang cukup bagus, Sarwo berani membeli saham itu dengan harga Rp 275.

“Fundamental perusahaannya bagus, lihat saja laporan keuangannya. Untungnya mencaai Rp 2 milliar lebih. Makanya saya coba beli 200 lot dulu,” katanya kepada Tribun, Kamis (15/15).

Harga saham Gozco sempat naik di angka Rp 315, tetapi investor ini enggan untuk menjualnya. “Enggak ah, ini untuk ivestasi jangka panjang, malahan nanti kalau pergerakannya bagus, bisa tambah lagi,” imbuhnya.

Kepala Cabang BNI Securities Pekanbaru, Fajar Haryo Suseno, mengatakan bahwa saham Gozco mempunyai prospek cerah. “Dari sisi fundamental, perusahaan ini cukup bagus, apalagi ia bergerak disektor pekebunan (CPO) yang saat ini memang sedang naik daun. Mudah-mudahan, tidak hanya tinggi di awal IPO saja,” katanya.

Investor, lanjut Fajar, bahkan da yang berani memsean diharga tinggi. “Tadi ada yang berani memesan di harga 318. Ini menandakan, investor tertarik mengkoleksi saham ini,” imbuhnya.

Berbeda dengan investor di Valbury Asia Securites Pekanbaru. Ketika harga menyentuh level tinggi, para investor yang telah membeli pada masa penawaran, tidak mau menunggu lama-lama untuk merealisasikan keuntungan.

“Kenaikan Saham Gozco langsung menjadi ajang profit taking. Lebih dari 85 persen investor yang membeli pada masa penawaran, langsung menjualnya, sementara sisanya masih hold,” kata Brokerage Division Valbury Asia Securities Pekanbaru, Sri Yanti.

Ia juga mengatakan bahwa, Gozco mempunyai potensi yang cerah, melihat harga komoditi, khususnya CPO yang terus membumbung.

Sementara itu, di Trimegah Securities Pekanbaru, para investor memanfaatkan volatilitas pergerakan saham Gozco. Beli diharga bawah, dan langsung menjualnya setelah naik.

“Banyak yang one day trading. Liarnya pergerakan Gozco, Karena masih awal banget, dijadikan moment untuk mencari gain. Saham ini bagus, dari sisi fundamental dan sektornya, karena memang CPO dan mining masih menjadi market leader di bursa kita,” kata Branch Manager Trimegah Securities Tanti Rivi Wati.

Jika banyak investor yang berminat untuk mengkoleksi saham Gozco, berbeda dengan Sony. Investor ini, masih mikir-mikir untuk saham yang baru saja melantai.

“Kalau melihat prospeknya bagus sih, Cuma saya masih takut karena ini baru pertama kali. Saya pelajari bagaimana pergerakannya di pasar. Kalau bagus, saya ambil,” katanya. (adi)

Tidak ada komentar: