Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Rabu, 04 Januari 2012

KLH Dumai Kaji Dugaan PT Wilmar NI Buang Limbah ke Laut

Rabu, 4 Januari 2012 17:02
PT Wilmar Nabati Indonesia diduga kuat membuat limbah cair ke laut Dumai. Pihak BLH setempat berjanji akan mengkaji dugaan tersebut.

Riauterkini-DUMAI- Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Dumai, bakal menindak lanjuti soal pemberitaan di media masa tentang perusahaan PT Wilmar Nabati Indonesia yang sudah melakukan pencemaran lingkungan. Namun sebelum menindak lanjuti hal itu, pihaknya belum mengetahui jika perusahaan pengolahaan Crude Palm Oil (CPO) tersebut sudah melakukan cemaran lingkungan dengan limbah cairnya di media masa.

“Jujur saja kejadian ini saya tidak tahu, kalau memang ada barang buktinya dan masyarakat yang mengetahui dengan adanya pencemaran lingkungan oleh perusahaan PT Wilmar Nabati Indonesia di Kecamatan Mendang Kapai itu mari bersama-sama turun kelapangan. Sedangkan dengan adanya kejadian ini, kami akan segera melakukan penindakan tegas kepada perusahaan itu,” jelas Basri, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Dumai, kepada riauterkini.com, Rabu (4/1/12).

Dijelaskan Basri lagi, kebanyak perusahaan di Dumai yang melakukan aktifitas pembungan limbahnya itu jauh dari kontrolan pihak KLH Dumai. Dengan melebihi control itu membuat pihaknya selalu kecolongan dan akhirnya masyarakat sendiri yang mengetahui kalau pihak perusahan sudah melakukan pencemaran lingkungan hasil libah cair tersebut.

“Kami sering kecolongan dengan soal pencemaran lingkungan ini, sebab pembuang limbah itu sering dilakukan perusahaan yang diluar ketentuan. Makanya kami sering melakukan kordinasi dengan masyarakat, jika menemukan aktiftas pembuang limbah baik itu PT Wilmar Nabati Indonesia dan perusahaan CPO lainya untuk segera melapor ke KLH Dumai. Dengan begitu saya bisa langsung turun kelapangan dan memberikan sanksi tegas kepada perusahaan tersebut,” ungkapnya.

Sedangkan mengenai foto limbah yang dikatakan pihak PT Wilmar Nabati Indonesia sudah pernah diklarifikasi ke KLH beberapa waktu lalu membuat pihaknya tercengang dan bingung mengomentarinya. Sebab soal foto pencemaran limbah sudah banyak yang masuk di Kantor Lingkungan Hidup. Namun mana satu apa yang disampaikan pihak PT Wilmar Nabati Indonesia itu. Dengan melihat kondisi seperti ini, pihaknya berjanji akan segera memanggil pihak perusahaan untuk memberikan klarifikasi terhadap apa yang sudah diberitakan oleh media tersebut.

“Kalau masalah foto itu, sudah banyak yang masuk di KLH Dumai. Namun foto yang mana satu dulu. Kemudian mengenai pencemaran lingkungan ini, kita akan meminta pihak perusahaan untuk memberikan klarifikasi dan jika memang benar melakukan pencemaran maka kita akan memberikan tindakan tegas kepada perusahaan itu,” pungkas Basri.**(had)

Tidak ada komentar: