Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Selasa, 24 Januari 2012

Investor Belanda Minat Olah Limbah Sawit di Riau

Kamis, 19 Januari 2012 12:05
Limbah industri kelapa sawit potensi ekonominya dilirik investor Belanda. Bisa diolah jadi kosmetik dan makanan.

Riauterkini-PEKANBARU- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Riau Tengku Dahril mengyngkapkan rencana kedatang delegasi pengusaha Belanda ke Riau awal Februari. Mereka berminat mendirikan industri pengolahan limbah pabrik kelapa sawit menjadi sejumlah produk. Mulai dari kosmetik sampai makanan.

"Sebenarnya mereka mau datang 25 Januari lusa, namun karena ada kegiatan mendadak di Eropa, mereka menundanya," ujar Tengku Dahril kepada riauterkini.com di Pekanbaru, Kamis (19/1/12).

Dijelaskan Tengku Dahril, delegasi Belanda tersebut berasal dari sebuah perusahaan pengolahan limbah di Belanda. Mereka sangat tertarik mengembangkan industri pengolahan limbah, mengingat potensi yang sangat besar dan iklim di Indonesia yang ramah industri.

"Kalau di Belanda industri mereka tak bisa jalan sepanjang tahun, karena sangat musin dingin, semua membeku," tukasnya.

Lebih lanjut Tengku Dahril mengatakan, dari limbah industri sawit bisa dihasilkan berbagai produk turunan, seperti kosmetik, makanan ternak dan juga makanan untuk manusia dalam bentuk ganggang.

"Ganggang yang dihasilkan memiliki banyak keunggulan, memiliki kandungan oksigen sepuluh kali lipat dari tumbuhan biasa dan punya kadar penurun emisi gas rumah kaca," paparnya.***(mad)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap tu.. bisa ikut gabung gak di pengolahan limbah nya??