Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Senin, 30 Juni 2008

TRANSMIGRASI SAWIT

TRANSMIGRASI
Komitmen Investor di KTM Sebesar Rp 4,7 Triliun
Senin, 30 Juni 2008 | 03:00 WIB

Jakarta, Kompas - Konsep pembangunan lokasi transmigrasi yang terpadu antara permukiman, kawasan pertanian, dan industri pengolahan ternyata sangat menarik investor.

Nilai komitmen investasi dari sepuluh lokasi transmigrasi, yang kini dikenal sebagai kota terpadu mandiri (KTM), untuk dikembangkan tahun 2008 mencapai Rp 4,7 triliun.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno yang dihubungi di Jakarta, Minggu (29/6), mengatakan, pemerintah pusat berkontribusi 30 persen dari rencana investasi tersebut. Selebihnya berasal dari pemda sebesar 30 persen dan investor sebanyak 40 persen.

Pekan lalu, Mennakertrans menyaksikan 10 bupati dan 19 investor KTM menandatangani Pernyataan Bersama Pengembangan Investasi Terintegrasi dengan Pembangunan dan Pengembangan KTM.

Pemda dan investor diharapkan benar-benar merealisasikan komitmen mereka dalam membangun kawasan transmigrasi dan sekitarnya. ”Investasi pemerintah pusat ditujukan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan pendukung pertanian seperti irigasi. Pemda kemudian turut mengalokasikan anggaran untuk melengkapi kebutuhan di kawasan, sedangkan investor menanamkan modalnya untuk membangun pabrik pengolahan hasil pertanian dan kemitraan dengan petani,” kata Mennakertrans.

Erman menyebutkan, pemerintah menerima 50 lokasi yang diusulkan untuk KTM. Tahun ini, pemerintah akan merealisasikan 10 KTM dulu yang diminati investor. Mereka akan mengembangkan agroindustri dengan komoditas kelapa sawit, karet, jagung, padi, dan kedelai. (ham)

Tidak ada komentar: