Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Kamis, 26 Juni 2008

HARGA CPO DONGKRAK PENERIMAAN PAJAK

HARGA CPO DONGKRAK PENERIMAAN PAJAK
Pekanbaru-Naiknya harga crude palm oil (CPO) dunia belakangan ini telah mendongkrak penerimaan pajak dari sektor industri pengolahan Riau. Sejak awal tahu ini telah mengalami pertumbuhan sebesar 115 persen.
Menurut Kakanwil Dirjen Pajak Wilayah Riau dan Kepri, I Gusti Gede Suardjana melalui Humas Suprapto ditemui di Pekanbaru, Rabu (25/6), mengatakan, disamping akumulasi kenaikan harga CPO dunia, tingginya penjualan produksi CPO yang berdampak terhadap peningkatan penerimaan pajak penghasilan orang pribadi (PPh OP).
" Sampai April kemaren, penerimaan pajak dari sektor ini mencapai 1,2 triliun. Angka ini mengalami peningkatan dari Rp 579 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya", kata Suprapto. Dari pendapatan pajak sebesar itu, tanpa menyebutkan angka pasti Suprapto mengatakan penerimaan bagi hasil pajak untuk Riau tak sampai separuhnya. Sebagian besar penerimaan pajak sektor industri pengolahan itu disetorkan ke Pusat.
" Bagi hasilnya memang setoran untuk pusat itu lebih besar, dengan pertimbangan industri pengolahan di Riau masih di dominasi wajib pajak badan bukan wajib pajak orang pribadi. Peningkatan Harga CPO dunia berpengaruh terhadap penerimaan PPh perorangan meskipun jumlahnya tak sampai separuh dari total penerimaan," jelasnya.

Tidak ada komentar: