Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Rabu, 25 Mei 2011

Gapki Riau Sayangkan Moratorium Kebun Sawit di Kawasan APL

Rabu, 25 Mei 2011 07:42

Gapki Riau setuju penghentian sementara atau moratorium pembukaan kebun kelapa sawit, tetapi mestinya tak diberlakukan di kawasan APL.

Riauterkini-PEKANBARU-Terkait moratorium sawit, Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki) Riau, Wisnu Oriza Suharto kepada Riauterkini Selasa (24/5/11) mengatakan bahwa selama ini sektor sawit memberikan imbas yang sangat positif terhadap pengurangan kemiskinan, penciptaan tenaga kerja, penerimaan negara dari sisi devisa dan pajak dan pembangunan wilayah.

Padahal, tambahnya, pelaku usaha sawit hanya meminta tidak dimasukannya area penggunaan lain (APL) dalam moratorium. Karena di kawasan APL-lah ekspansi perkebunan sawit dapat dilaksanakan.

"Pemberlakuan moratorium ini juga akan berimbas pada produksi sawit Indonesia hingga 5 tahun mendatang. Bagaimana tidak, jika ekspansi kebun sawit dilaksanakan saat ini, maka produksinya baru akan dapat dilihat pada 5 tahun ke depan. Jika ekspansi kebun sawit kecil, maka produksipun juga kecil," terangnya.

Moratorium menurutnya akan berimbas pada pengurangan serapan tenaga kerja dari sektor sawit. Dengan pertumbuhan ekspansi lahan sawit, maka sektor sawit ini bisa menyerap tenaga kerja baru. Jika tidak, maka pengurangan pengangguran minim diserap. ***(H-we)

Tidak ada komentar: