Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Senin, 28 Juni 2010

Edan, Pulau Pun Dirambah Kelapa Sawit

Laporan wartawan KOMPAS Ingki Rinaldi
Minggu, 27 Juni 2010 | 23:00 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Rencana pembukaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kepulauan Mentawai mengancam Taman Nasional Siberut dan kebedaraan masyarakat Mentawai secara keseluruhan.

Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Judas Sabaggalet yang ditemui di Padang pada hari yang sama mengatakan, saat ini izin pembukaan lokasi perkebunan sawit telah diberikan di Pulau Siberut, Pulau Sipora, dan Pulau Pagai Utara. Masing-masing dengan luasan sekitar 40.000 hektar di Pulau Siberut dan masing-masing 15.000 hektar di Pulau Sipora dan 15.000 hektar di Pulau Pagai Utara.

Ketua Fo rum Mahasiswa Mentawai, Daudi Silvanus Satoko, Minggu (27/6/2010) mengatakan pihaknya menolak dengan tegas rencana tersebut. Kata Daudi, hal itu didasarkan pada fakta yang harus ditanggung masyarakat kebanyakan saat izin pengelolaan hutan dalam bentuk hak penguasaan hutan (HPH) diberikan pada sejumlah perusahaan.

Tidak ada komentar: