Welcome To Riau Info Sawit

Kepada pengunjung Blog ini jika ingin bergabung menjadi penulis, silahkan kirim alamat email serta pekerjaan anda ke : anaknegeri.andalas@gmail.com

Memuat...

Senin, 29 Maret 2010

Politeknik Kampar Siapkan Industri Hilir Sawit

29 Maret 2010
BANGKINANG (RP) - Selama ini pengolahan sawit di Riau hanya terbatas hingga produksi CPO saja, namun kini Politeknik Kampar (Polkam) sudah mulai merintis melahirkan tenaga lulusan untuk industri hilir dari CPO.

Produk industri hilir sawit yang telah mampu dihasilkan mahasiswa jurusan Teknik Pengolahan Sawit (TPS) Polkam, salah satunya yaitu pembuatan sabun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Drs H Zulher MS mewakili Bupati Kampar Drs H Burhanuddin Husin MM, Ahad (28/3) dalam gerak jalan sehat yang bertema Melangkah Bersama Polkam mengatakan, bahwa apa yang dirintis oleh Polkam saat ini merupakan bukti bahwa Polkam siap menghadapi tantangan masa depan. Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Polkam Ir Munafry Alwis MT, Ketua STIE Bangkinang Ir H Zamhir MM, unsur Ninik Mamak, para dosen, mahasiswa Polkam serta para siswa SMA sederajat.

Sekda menyatakan bahwa keberadaan Polkam sebagai salah satu program pemerintah dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di Kabupaten Kampar, SDM yang produktif dan mampu menciptakan lapangan kerja, bukan SDM yang mencari kerja kemana-mana.

Sekda menyambut baik kemajuan yang dimiliki Polkam saat ini, terutama keahlian yang telah dimiliki para mahasiswanya seperti pembuatan sabun untuk jurusan TPS, untuk jurusan Perawatan perbaikan Mesin (PPM) yang mahasiswa juga sudah mampu menggunakan mesin CNC, untuk jurusan Teknik Informatika (TI) mahasiswanya mampu membuat jaringan website dan net meeting. ‘’Ini baru tahap awal, ke depan nanti saya yakin bahwa Polkam akan lebih baik lagi,’’ ujar Sekda.

Dalam kesempatan itu, Direktur Polkam Ir Munafry Alwis MT menyampaikan bahwa Polkam saat ini memiliki 130 orang mahasiswa yang terbagi dalam 3 jurusan yaitu TPS, PPM dan TI. Jumlah dosen sebanyak 30 orang, dan 17 orang diantaranya sedang menjalani pendidikan S-2 di dalam dan luar negeri. Untuk luar negeri, para dosen tersebut ada yang kuliah di Inggris, Belanda dan Australia.

Terkait dengan bangunan Kampus Polkam di Jalan Lingkar Bangkinang, lanjutnya, untuk pembangunan tahap I fisik akan rampung pada akhir April 2010 ini, sedangkan peralatan untuk menunjang perkuliahan saat ini sudah 90 persen ready. Direncanakan, pada tahun 2011, Polkam mulai melahirkan alumni perdana.

‘’Pada 2011 juga diprogramkan peresmian Kampus Polkam secara Nasional, yang saat ini acara tersebut sudah mulai dipersiapkan, karena rencananya akan menghadirkan Mendiknas, para Direktur Politeknik se-Indonesia, Muspida se-Riau dan berbagai pihak yang berkompeten lainnya,’’ ujarnya.

Sementara itu, kemarin pada gerak jalan sehat Polkam, sejumlah pemenang doorprize yang berasal dari siswa kelas III SMA sederajat memperoleh beasiswa, di antaranya ada beasiswa kuliah 3 semester di Polkam, ada yang dua semester dan satu semester.

Beasiswa tersebut berasal dari Bupati Kampar, Ketua DPRD Kampar, Sekda Kampar dan para perusahaan perkebunan, perusahaan bidang jasa kontruksi, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di Kabupaten Kampar. Selain itu, ada juga peralatan elektronik, sumbangan dari para sponsor yaitu Dinas/Instansi dan sejumlah perusahaan.(why/rdh)

Tidak ada komentar: